Wednesday, September 7, 2011

Disorientasi Waktu

Menurut saya, istilah disorientasi waktu adalah kondisi dimana kita secara tidak sadar kehilangan kemampuan untuk mengetahui waktu atau jam secara pasti.

Asal Muasal
Nah, pas puasa kemarin, jadwal les kan tidak berkurang. Suatu hari Jumat, entah minggu keberapa, saya punya 2 jadwal les, yang artinya saya akan pulang lebih malam dari biasanya. Di kompleks perumahan sini, jika waktu sudah menunjukan jam 9 malam, akses masuk kompleks ditutup parsial. Pagar masuk sebelah kiri akan ditutup. Yang difungsikan hanya pintu kanan sebagai akses 2 arah.

Waktu itu saya dengan santainya genjot motor ke pintu kiri, karena ditutup saya terpaksa putar motor untuk masuk ke pintu kanan. Didepan Pos Security, ada petugas yang ngasih entry pass. Untuk alasan basa-basi, saya nanya ke dia ”Kok sudah ditutup seh?”. Security nya cuman jawab “Iya Mbak, sudah malem...”. Jawaban singkat dia malah membuat saya mikir, “Jam segini kok dibilang malem??”. Si Mas Security yang ngga gaul ato saya yang keseringan jadi makhluk malam.

Setelah nyampe di depan pager, saya liat jam tangan dan baru sadar ternyata sudah jam 9 lewat. Pantesan pintu kiri ditutup! Dari situ, saya menemukan istilah Disorientasi Waktu!

Studi Kasus Terbaru
Kemarin adalah hari kedua dalam kurun waktu kurang dari 30 hari dimana saya mengalami gangguan tersebut. Setiap hari saya tiba di rumah dalam kondisi langit sudah gelap dan rumah saya adalah satu-satunya rumah yang belum menyalakan lampu teras. Hari ini pun juga tidak ada beda.

Saya datang, motor saya berhenti didepan pagar. Sebelum motor saya berhenti, saya sempat lihat disebelah kanan, ada Bapak Tahu Tek yang lagi berhenti di 3 rumah setelah rumah saya. Sebelum beliau cabut, saya mengumpulkan segenap keberanian untuk memanggil, “Pak..!”. Tidak lupa saya tambahkan lambaian tangan saat beliau memalingkan muka (???)

Saya masuk rumah untuk ambil piring, ketika keluar si Bapak Tahu tek sudah menunggu. Saya dengan innocentnya nanya “Kok tumben Pak lewatnya cepet??” mengingat si Bapak seringnya lewat plusminus jam 9an.  Si Bapak hanya tersenyum kecil.

Setelah selesai, saya ambil tahu tek saya, say thank you, menutup pagar dan menutup pintu. Everything was normal, sampai saya liat jam yang menunjukkan jam 9 kurang. Kemudian “Omaigat!!! Aku lupa kalo hari ini ada jadwal les, pulangnya juga masih mampir ke toko grosir stationary itu!” Dari situ saya nyadar kalo ternyata senyum kecil si Bapak itu adalah untuk nyindir saya yang nganggep jam 9 kurang adalah masih sore!!!

No comments: