Wednesday, May 21, 2014

Acne Diary 4 : 10 months later

Note: sangat disarankan untuk konsultasi dengan dokter kulit sebelum memutuskan untuk mencoba obat yang  saya gunakan. Hasil akan sangat bervariasi untuk tiap orang.

Ini adalah bulan ke-10 sejak saya memulai perawatan untuk jerawat punggung.

Berikut adalah update yang bisa saya tuliskan :


1. Reticor 0.1
Saat ini, saya sudah tidak lagi menggunakan Reticor. Sejak dari Acne Diary 3, saya memutuskan untuk mengurangi Reticor dengan cara pemakaian yang lebih jarang, dari sehari sekali menjadi 2 hari sekali, menjadi seminggu sekali, menjadi 2 minggu sekali, hingga berhenti sama sekali.

Hal ini saya lakukan karena saya tidak ingin kulit saya menjadi tergantung dengan Reticor.

2. Acne Feldin
Sekarang ini, saya hanya mengoleskan Acne Feldin pada jerawat besar. Sudah tidak lagi ke seluruh punggung ataupun muka seperti sebelumnya.

Sebagai gantinya, saya menggunakan Ressal. Losion yang juga berlaku sebagai astringent, dengan bau yg sangat ringan karena tidak mengandung sulfur seperti Acne Feldin.

Saya pakai setiap pagi, sebelum berangkat kerja. Setelah ressal dirasa kering, saya tumpuk dengan bedak Marcks, and I'm off to work.

Pemakaian Ressal pada malam hari dan weekend adalah opsional buat saya, karena saya ingin kulit saya bisa beristirahat dan bernapas tanpa ada layer obat atau bedak diatasnya.

3. Kondisi kulit
Noda jerawat di punggung jauuuuuh lebih sedikit dibandingkan awal perawatan. Jerawat masih tumbuh, tapi tidak se-masif seperti sebelumnya. It cannot be helped, mengingat jerawat saya yang sifatnya genetis.

Kulit badan sedang dalam tahap akan mengelupas, jadi ngga terlalu indah dipandang. Once it is peeled off, then I'm good..

Kulit wajah dari pipi hingga leher masih jerawatan. Jerawat yg kecil-kecil tapi agak banyak :))

Kulit wajah juga kurang menyenangkan untuk disentuh karena ngga halus. Saya bisa merasakan adanya komedo didalam kulit. I'm thinking of seeing dr. Dhelya to get them out. Meskipun itu tidak menghentikan usaha kuku dan jari saya untuk memaksa komedo tersebut keluar. I know it is not recommended, but I just can't help it.  :(

Mungkin karena selama ini saya tidak memfokuskan perawatan pada area wajah.


Anyway, secara umum saya merasa cukup puas dengan hasil yang saya dapatkan. Setidaknya, sekarang saya sudah bisa kembali memakai baju yang berbelahan sedikit rendah =))

No comments: