Wednesday, June 20, 2012

TGC di GLT

Hari ini saya berkesempatan untuk sejenak menikmati suasana diluar kantor. Saya diajak atasan saya untuk mengintip acara Tobacco Grading Course (TGC) di kompleks Green Leaf Threshing (GLT) Randu Agung.

TGC sendiri diadakan dari tanggal 18 hingga 22 Juni, dan dihadiri oleh Tobacco Grader serta Tobacco Buying Agent. Acara detilnya saya tidak tahu, karena saya hanya datang sebentar dan kemudian diajak keliling wilayah GLT Processing oleh Bapak Nofal. Yang jelas, acara yang diadakan tiap tahun ini adalah untuk mengkalibrasi kemampuan para Tobacco Grader yang dimiliki oleh perusahaan. Kehadiran para  Buying Agents sendiri adalah untuk mengkomunikasikan standar tembakau yang dipakai oleh perusahaan.

Kembali ke GLT, kompleks GLT yang saya kunjungi adalah fasilitas yang relatif baru di perusahaan. Letaknya pun cukup jauh dari Main Office. Tapi jangan salah… Lokasinya luasss.. Bersih…

Setelah selesai melihat GLT Processing, saya dan Pak Nofal kembali ke ruang training untuk menemui atasan saya. And trust me.. Di sepanjang hidup saya, ngga pernah saya lihat orang sebanyak itu yang melakukan aktifitas merokok di satu ruangan dan di saat yang sama. And may I remind you, bahwa tembakau yang dipakai adalah tembakau rajangan murni. Jadi asap yang dihasilkan juga jauh lebih banyak. Soal rasa? Entahlah, saya bukan perokok..

Saking banyaknya asap, para Bapak yang keluar dari ruangan tersebut mengkhawatirkan sprinkler nya akan menyemprotkan air karena jumlah asap yang ada. Kurang bisa mendapat gambaran betapa banyaknya asap rokok? Hmm.. cukup banyak, sehingga Bapak-Bapak yang notabene perokok pun harus mengibas-ngibaskan tangan di mulut dan hidung!

No comments: