Sunday, January 30, 2011

Donor darah : 101

Hari ini saya berkesempatan untuk melakukan donor darah, sebuah aktivitas rutin yang saya lakukan sejak tahun lalu. Sampai hari ini, saya baru 6x melakukan donor. Ngga semua orang mau melakukan donor dengan alasan yang beragam. Kalo bapak-bapak rekan kerja saya di IT ngga mau donor karena takut jarum, hihihi…

Saya selalu ingin melakukan donor, dan waktu itu pas kebetulan ada acara donor darah di tempat saya bekerja, saya enlist untuk menjadi donor. Sayangnya waktu itu berat badan saya masih kurang dari syarat minimal. Jadi saya batal donor.  Sejak saat itu saya bertekad, untuk periode donor darah berikutnya, saya harus bisa donor. Dan berhasil! Saya berhasil menaikkan berat badan sehingga memungkinkan saya untuk donor.

Syarat untuk melakukan donor sudah banyak dipublikasikan di media, tapi apa salahnya kalo saya tulis lagi disini. OK, here it is :


Berbadan sehat. Meskipun sakit ringan seperti batuk ato pilek, biasanya akan ditolak donor. Juga jangan mengkonsumsi obat 24 jam sebelum donor. Tapi kalo vitamin masih boleh donor kok...

Tidur malam > 5 jam. Kalo niat donor, jangan begadang ! Pasti akan ditolak sama petugasnya, dan kalo kita ngga bilang pun, hasil tes HB ato tensi ngga bakal bohong.

Sudah makan. Penting nih! Mending sebelum donor, makan yang banyak. Kalo ngga gitu, biasanya abis darahnya diambil, kita jadi pusing. Ini berdasarkan pengalaman pribadi, hehehe..

Tekanan darah minimal 110/70. Lebih tinggi lebih bagus, tapi tentu ada batas atasnya. Ini yang saya ngga ada info. Ntar deh saya carikan. Kalo pengen donor tapi ada masalah dengan tekanan darah yang rendah kaya saya, mending sebelum donor minum kopi dulu deh. Kafeinnya bantu mompa darah dari jantung. Ato pilih waktu dimana kita lagi rileks, ngga dalam keadaan capek. Misalnya pas hari Minggu. Hari ini tensi saya 130/80. Ngga pake kopi lho..

Kadar kekentalan HB darah antara 12,5 – 17,5. Ini ngetesnya pake acara ngambil sedikit sampel darah dari kita. Ngeceknya bentar kok, ngga sampe semenit. Tadi punya saya 14,75. Kalo < 12,5 artinya darah kita terlalu encer. Kalo kata Bapak yang jaga tadi, penyebabnya kurang konsumsi sayur ma daging. Sementara kalo > 17,5 artinya darah kita terlalu kental. Nah ini biasanya dialami perokok ma orang yang kurang minum air putih kaya adik saya yang cowok. Untuk HB tinggi udah keliatan cara ngatasinya kan?

Berat badan > 45 kg. Dulu pas pertama mo donor, berat badan saya ngga nyampe segitu. Kebayang kan betapa kurusnya saya dulu? Sekarang berat saya 46 kg, itu pun sudah dibantu makan siang yang buanyak sebelum donor. Bobotnya masih harus ditambah lagi itu..

Jarak donor sebelumnya 10 – 12 minggu. Kalo donor rutin di PMI Malang, kita dikasih Kartu Anggota Donor. Didalemnya ada catatan tanggal donor yang kita lakukan. Oiya, kita juga dikasih kertas reminder tanggal donor berikutnya. Kalo di PMI Malang, misalnya kita donor tanggal 30 Januari, maka remindernya ditulis tanggal 30 April. Mereka ngga ngitung 10 atau 12 minggunya, jadi kalo misalnya kita mo dateng 10 minggu kemudian, harus liat kalender sendiri yak?

Khusus buat cewek, kalo mo donor minimal seminggu setelah ato sebelum datang bulan. Ini ngga ada hubungan dengan HB ato layak ngganya darah kita didonorkan. Tapi murni karena persediaan darah di badan kita aja. Waktu seminggu dianggep cukup buat badan kita menambah darah yang hilang waktu dateng bulan.  Ini kata Mbak yang di PMI kok...

Pas donor, darah kita cuman diambil 1 ampul aja yang volumenya tergantung berat badan. Kalo dibawah 50kg hanya diambil 250mL. Kalo diatas 50kg diambil 350mL. Steril kok, 1 kantong darah 1 jarum. Kita disuruh berbaring ditempat yang sudah disediakan, dan biasanya ditanya mo diambil dari tangan kiri ato kanan. Karena ada beberapa donor yang nadinya lebih gampang ditemukan di satu tangan. Kalo ngga tau yang mana, ntar petugas di PMI kan bisa bantuk cek. Kebetulan kalo saya kanan kiri OK, hehehe

Kalo aliran darahnya lancar, donor tuh cepet kok. Paling ngga nyampe 10 menit udah kelar. Tunggu aja bunyi alarm di timbangan darahnya. Abis itu, selangnya dijepit pake gunting khusus sekitar 15cm dari jarum, trus selangnya dipotong. Darah kita yang di selang akan didorong masuk ke ampul pake alat khusus, selangnya akan diikat simpul. Trus, petugasnya juga akan ambil sedikit sampel darah kita, baru setelah itu jarum dicabut dari lengan kita.

Setelah jarum dicabut, angkat lengan sambil tekan kain kasa yang nutupin lubang tempat masuknya jarum sekitar 1-2 menit. Lengan jangan tekuk dulu. Ngga usah terlalu tinggi ngga papa, yang penting posisinya lebih tinggi dari jantung. Ini mencegah supaya darah keluar lagi ketika luka kita ditempel plester. Baru kalo kain kasa udah diganti plester, lengan bisa ditekuk. Proses donor selesai!

Ntar pas keluar dari ruangan, udah disiapkan roti, segelas air mineral ma susu. Mo makan ditempat boleh, dibawa pulang juga boleh. Tinggal balik lagi di tanggal yang ada di reminder.

FYI, PMI Malang buka 7 hari seminggu dan melayani donor darah dari jam 07.30 – 19.00. Tanggal 15 Januari 2011 kemarin, PMI Malang juga membuka gerai di Malang Olympic Garden lantai 3. Untuk jam operasinya ngga tau karena saya belum kesana. Ntar deh pas periode donor berikutnya aja. Yang patut diingat, donor darah itu ngga sesakit yang dibayangkan. Kalo ngeri liat jarumnya, mending liat ke arah lain aja. Ntar tau-tau darah udah ngalir ke selang, hehehe..

No comments: